Wisata Kedung Cinet, Green Canyon-nya Jombang

7:18 AM

Jombang. Sebuah tempat yang identik dengan mantan Presiden Indonesia ke-4 ini selalu memantik perhatian banyak kalangan. Setiap kejadian yang berlangsung di sana, dengan cepat menjadi konsumsi "renyah" bagi masyarakat. Seperti kejadian seorang anak laki-laki yang bermain hujan lalu tersambar petir dan batu, namun malah menjadikannya dukun cilik dengan nama beken, Ponari, seperti nama aslinya.

Juga tentang Very Idham Hensyansyah, atau akrab dipanggil Rian. Pria dengan cap pembunuh berdarah dingin tersebut, berhasil membuat Jombang menjadi buah bibir masyarakat se-Indonesia berkat ulahnya. Publik kemudian menyematkan kata Jombang di akhir nama Rian.

Lepas dari berita kontroversial tentang Jombang tersebut, pesona alam Kota Santri ini juga layak diperhitungkan. Mungkin yang sedang hits, saat ini adalah Kedung Cinet, Green Canyon-nya Jombang. Berikut penampakannya :



Lokasinya berada di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang. Jika dari Surabaya -seperti saya- rutenya;



  • Surabaya - Alun-alun Mojokerto






  • Sampai di Alun-Alun Mojokerto, berjalan terus menuju ke Jln Jombang-Ploso (Jembatan Sungai Brantas).





Kemudian ambil jalur kiri, dan jalan pelan-pelan sebab jika sudah melewati jembatan tersebut langsung belok kiri. Lurus saja sampai bertemu dengan pemandangan mahal berikut ini :



Kalau tidak fokus, perjalanan akan sedikit sulit karena medan yang tidak semulus tol Cipali dan godaan view mewah tersebut jaraknya sejauh ±2KM. Setelah itu, akan memasuki Dusun Sempol, Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

Ikuti jalan terus sampai bertemu dengan jembatan goyang. Hati-hati di sini, karena jika terkena angin jembatan tersebut akan menggoyangkan siapapun yang melintasinya ke kanan dan kiri. Harus bergantian ketika melintasi jembatan ini, mengingat kekuatan jembatan yang sangat terbatas dan rentan kecelakaan.



Perjalanan sudah di ujung, tinggal melewati Desa Klitih dan hutan Jati beberapa KM sudah sampai ke tempat parkir. Tidak ada tiket masuk di Cinet, hanya perlu membayar Rp. 3000 untuk parkir motor (update harga 15 september 2015).

Latar belakang dari Kedung Cinet, penuh dengan sejarah. Konon, dulunya para prajurit dan dayang istana Mojopahit beristirahat di sini. Lubang-lubang yang ada sekarang, merupakan tempat MCK para prajurit. Namun, benar tidaknya cerita tersebut masih menjadi belum bisa dipastikan.

Seperti Jombang, Cinet juga memiliki kontroversi yaitu musim yang pas untuk berkunjung. Saya ke Cinet ketika musim panas, kondisinya kurang memuaskan karena air jadi surut, dan daun dari pohon di sampingnya jatuh memenuhi permukaan sungai. Tapi, teman lain bilang kalau musim hujan, perjalanan ke Cinet akan berat karena jalan berlumpur dan untuk turun melewati bebatuan di Cinet jadi lebih licin.

Tapi, lepas dari itu berikut adalah pemandangan yang didapat dari Kedung Cinet, Green Canyon-nya Jombang!






You Might Also Like

5 komentar

  1. di jombang juga ada green canyon-nya juga yak, boleh nih kalo ntar mampir ke jombang :D

    ReplyDelete
  2. Kapan-kapan main kesana juga asyik ini. Tapi nunggu temen yang asli Jombang pulang hijrah dari Jawa Barat. :D

    ReplyDelete
  3. Mirip treking di kawasan Gua Pindul Wonosari ya Mas Bro, saya bulan lalu baru dari sana. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah ke sana mas... gak bisa ngebandingin :v

      Delete

Pembaca

Flag Counter

Teman